Hiren's Flash Disk

Bagi Anda yang gemar mengutak-atik komputer, tentu sudah tidak asing lagi dengan Hiren’s Boot CD kan? Sebuah CD dengan segudang tools canggih. Mulai dari partisi, cloning harddisk, antivirus, perangkat recovery data, perangkat test, perangkat harddisk, perangkat sistem informasi, MBR dan masih banyak lagi. Karena software yang ada di dalamnya komplit, simpel dan mudah dioperasikan, Hiren’s banyak diminati untuk melakukan reparasi dan recovery.
Seorang teman berhasil menggunakan salah satu software yang ada di dalam Hiren’s untuk mengembalikan backup data dan Instalasi sistem operasi komputernya. Bahkan seorang teman yang lain punya pengalaman mengembalikan data yang hilang di harddisk yang sudah diformat ulang!
Yang jelas CD ini menggunakan emulasi floppy drive –yang sekarang sudah sangat langka– sehingga bisa digunakan untuk booting sebagai pengganti StartUp disk di Windows 98. Belakangan bahkan kita bisa kita bisa masukkan Hiren’s Boot CD berikut tools pentingnya ke dalam sebuah Flashdisk booting bisa dilakukan lewat UFD kesayangan kita. Ingin tahu caranya? ikuti langkah berikut ini..
Langkah 1
Download boot-files.zip (55kb)yang merupakan file ISO berisi file sistem DOS yang akan kita pakai untuk melakukan booting. Ekstrak dan baca panduannya dalam Baca Dulu.txt.
Langkah 2
Download HPUSBFW.zip (368kb), tool untuk memformat USB Flashdisk.
Siapkan USB Flashdisk Anda kemudian jalankan file yang barusan Anda download sehingga tampak seperti gambar di bawah. Perhatikan bagian yang ditandai warna hijau.

Langkah 3
Copy semua file dari C:USB ke USB Flashdisk Anda.
CATATAN:
• Jangan timpa file IO.SYS ketika ada konfirmasi.
• Hapus file JO.SYS dari USB Flashdisk (hati-hati, jangan keliru dengan IO.SYS)
• Beberapa Antivirus bereaksi ketika sistem mengkopi file Vdefs di-copy ke flashdisk. Abaikan saja, file ini merupakan file salah satu antivirus-dos dari beberapa Antivirus dalam Hiren’s.

Langkah 4
Buka Explorer. Masukkan CD Hiren’s ke Drive, kemudian copy semua yang ada dalam folder BOOTCD ke dalam USB Flashdisk Anda.
Langkah 5
Tes Flashdisk Hiren’s Anda. Pastikan Anda sudah set booting Komputer Anda dari USB Flashdisk.
Untuk masuk ke dalam BIOS, tekan tombol “DEL”. Atau mungkin dengan menekan tombol lain seperti “F1″, “F2″, tombol “Insert” atau “F10″. Tombol untuk masuk BIOS di masing-masing komputer mungkin berbeda. Biasanya komputer akan menampilkan pesan seperti
“Press [Del] to enter Setup”
untuk memberitahukan bahwa Anda perlu menekan tombol “Del”.
Beberapa BIOS dari AMI perlu melakukan perubahan pilihan “USB Keyboard Legacy support” > Enable. Lakukan dengan cara sebagai berikut:
Untuk AMI BIOS
• Masuk ke “Feature Setup“. Ubah menjadi “Enable” beberapa pilihan berikut:
“USB Function Support”, “USB Function For DOS“, “ThumbDrive for DOS”.
Masuk ke “Advanced Setup“. Pilih “1st Boot Device” menjadi “USB RMD-FDD“.
Restart komputer dan seharusnya Anda sudah bisa booting dari USB Flashdisk
• Masuk ke “USB Mass Storage Device Configuration“. Pada “Emulation Type”
pilih “Harddisk“. Masuk “Boot Menu” dan tentukan “1st boot device” menjadi “USB-Stick“. Keluar dari BIOS, Simpan Perubahan.
Anda dapat juga mencoba “Emulation Type” menjadi “Floppy” atau “Forced FDD“.
Untuk PHOENIX/AWARD BIOS:
Masuk ke “Advanced BIOS Features”. Pada “1st Boot device” Pilih “USB-ZIP”.
TROUBLESHOOT
• Panduan ini terbukti berhasil lancar pada penggunaan Hiren’s Boot CD versi 9.6 dan sebelumnya. Untuk Hiren’s 9.7 dan sesudahnya tidak otomatis bisa berhasil karena perlu penanganan khusus. Silakan tunggu update untuk soal ini..
• Jika Anda mengalami masalah ketika Hiren’s membuat Ram Drive maka mungkin Anda perlu mengubah dan baris “/numhandles=128” dalam “config.sys“
• Beberapa rekan mengabarkan bahwa Hiren’s bisa berjalan lancar pada USB Flashdisk kecil (128MB) namun seringkali bermasalah pada Flashdisk berukuran 512 ke atas. Biasanya ditandai dengan adanya kursor berkedip-kedip pada pojok kiri atas monitor.
• Jika Anda mengalami kursor blinking, cobalah memformat Flashdisk Anda dengan FAT32.
• Jika Anda mendapat pesan error bahwa command.com tidak ditemukan saat USB Flashdisk dijalankan, ketik baris perintah dibawah dari Command Prompt Windows
“attrib -s -h E:command.com” dimana E adalah kode huruf drive USB Flashdisk Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar :